jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Rabu, 26 Desember 2007

[INFO] Hal-hal terlupakan saat mengerjakan laporan thesis S1/S2


Rekan-rekan pemerhati material logam sekalian khususnya mahasiswa dan mahasiswi, Tanggal 19 Desember 2007, saya membuat janji dengan Dosen pembimbing Thesis S2 saya Prof.DR.Johny Wahyuadi Sudarsono, DEA untuk berbincang-bincang tentang arah penelitian thesis S2 saya di FTUI Depok. Saya dan prof berbincang-bincang hampir satu jam sehingga beliau telah memberikan lampu hijau untuk bisa melaksanakan thesis saya next semester dengan menyetujui proposal riset saya tentang tema Korosi retak tegang material AISI 304 di larutan MgCl2

Rekan-rekan sekalian, satu hal yang sangat penting dalam penelitian khususnya thesis selain metode baku yang telah ditetapkan universitas masing-masing dalam teknis penulisan laporan adalah kita harus memposisikan penelitian kita. Posisi penelitian thesis kita kemungkinan berbentuk kelanjutan dari penelitian sebelumnya, penelitian dengan tema yang baru atau pengulangan penelitian terdahulu. Bagaimana kita bisa mengecek posisi penelitian kita adalah banyak-banyaknya rekan-rekan untuk mencari all latest scientific paper. Semakin banyak rekan membaca makalah-makalah ilmiah khususnya yang terbaru mulai dari tahun 2000 hingga 2007 lebih baik. Dosen pembimbing saya menyarankan untuk membaca sebanyak-banyaknya khususnya makalah terbaru. Saya sarankan bagai rekan mahasiswa/i membaca makalah ilmiah internasional terbaru karena dari segi aktualitas penelitian labih baik dibandingkan makalah nasional. Kadang-kadang mahasiswa/i terkendala oleh bahasa inggris. Saya penulis juga masih terkendala dengan bahasa inggris namun itulah tantangan kita sebenarnya karena keilmuan khususnya material logam pasti berbahasa asing.

Satu lagi rekan-rekan sekalian, Dari perbincangan saya dengan professor kemarin, beliau memberikan saran bahwa saya harus memperbanyak referensi dari penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan penelitian thesis saya saat saya menulis laporan penelitian.

Saat saya mengerjakan thesis S1 saya, mungkin ini memang kebiasaan kita ataupun saya sendiri mungkin. Dulu saya lebih suka menerjemahkan semua referensi berbahasa asing di dasar teori ataupun pendahuluan tanpa atau sedikit memberikan sumber –sumber dari mana ( biasanya diberi tanda [ ], [], nama sumber et,al dll) saat membuat laporan thesis. Rekan-rekan itu merupakan perbuatan plagiat atau jiplak ataupun “copy-paste” dan diharamkan untuk dilakukan. Memang tidak ada sanksi hukum namun sanksi moral saja.

Di dalam penelitian, Peneliti mempunyai prinsip dalam riset adalah “ DALAM PENELITIAN, HASIL BOLEH SALAH TAPI TIDAK BOLEH BOHONG/MENIPU”. Triks menipu dalam penelitian khususnya thesis adalah memberikan kebohongan data riset. Misal jika dari data pengujian kita mempunyai trend grafik parabolik ke atas namun di referensi data harus berbentuk grafik linear sehingga kita mencoba-coba untuk mengubah tiap data –data yang ada sehingga mendekati linear. Rekan-rekan itu perbuatan “MELANGGAR NORMA RISET YANG ADA DAN REKAN HARUS MALU”.

Tidak ada komentar: