jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Minggu, 09 Desember 2007

[INFO]Identifikasi SCC AISI 316 lingkungan klorida

Hasil Penelitian tahun 2007 dikerjakan oleh Gadang Priyotomo dan Iwan Setiawan sedang diedit oleh tim redaksi majalah KOROSI di P2M-LIPI



IDENTIFIKASI AWAL KEGAGALAN KOROSI RETAK TEGANG PIPA AISI 316L AKIBAT KEBERADAAN ION KLORIDA DENGAN MENGGUNAKAN ELECTRON PROBE MICROANALYZER

Intisari

Pipa penyalur gasCO2 untuk bahan pembuatan pupuk urea mengalami kebocoran dan pecah. Indikasi awal merupakan kegagalan akibat korosi retak tegang. Di luar pipa diberikan selimut air yang beroperasi pada suhu 900C untuk menjaga temperatur pipa.

Indentifikasi awal melalui analisa visual pada bukti material dilakukan. Identifikasi melalui makrostruktur dan mikrostruktur dengan menggunakan Electron Probe MicroAnalyzer (EPMA). Analisa kualitatif menghasilkan keberadaan ion klorida (Cl), kalsium(Ca) dan sulfur(S). Lubang-lubang di permukaan pipa berukuran 5-20 mikron mengindikasikan peran ion klorida dapat menurunkan tegangan luluh dan menaikan tingkat konsentrasi tegangan lokal pipa.


Abstract


Pipeline of CO2 gas distribution for the making process of UREA fertilizer occurred suddenly leakage and fracture while operation process still ran at Industry. The preliminary indication for this phenomena is the kind of failure that caused by Stress corrosion cracking. Outside the pipe is given by water jacket that run at temperature of 900C to maintain the temperature condition of pipe.

Preliminary indication by visual analyzing on material evidence was conducted. The identification through macro structure and micro structure by utilizing Electron Probe Micro analyzer (EPMA). Qualitative analysis results the existence of Chloride ion (Cl), Calcium (Ca) and sulfur (S). The number of holes can indicate the major role of chloride ion that reduce yield strength of pipe and increase the level of local stress concentration for pipe.

Tidak ada komentar: