SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Minggu, 13 Januari 2008

[INFO] enis-jenis perlakuan panas logam khususnya logam baja

Ulasan Jenis-jenis perlakuan panas logam khususnya logam baja sebagai berikut :

Rekan-rekan blogger sekalian, sebagai bahan ulasan untuk mengingat kembali ilmu perlakuan panas (heat treatment). Tujuan perlakuan panas pada material logam yaitu untuk meningkatkan sifat-sifat material untuk kondisi operasional komponen. Macam-macam perlakuan panas yang umumnya dilakukan antara lain :

Pengerjaan anil (annealing)

Pengerjaan ini dilakukan dengan memanaskan logam baja hingga di atas temperatur trasnformasi (723oC) bertujuan untuk mengubah ke fasa austenit kemudian didinginkan secara perlahan-lahan (pendinginan tungku). Tujuan utama pengerjaan ini adalah softening baja.


Pengerjaan Normalisasi (Normalizing)

Pengerjaan ini dilakukan dengan memanaskan baja hingga menjadi fasa austenit penuh dan didinginkan di udara (pendinginan tungku) hingga mencapai suhu kamar. Fasa yang dihasilkan berstruktur ferrite dan pearlite tergantung komposisi unsure karbon.


Pengerjaan pengerasan (Quenching treatment)

Perlakuan baja ini dilakukan dengan memanaskan baja hingga fasa menjadi austenit dan didinginkan secara cepat (lihat diagram CCT baja karbon rendah). Media pendinginan cepat seperti air, oli, garam atau media pendingin lainnya. Tujuan utama perlakuan ini untuk meningkatkan kekerasan baja.

Pengerjaan temper (tempering treatment)

Perlakuan pemanasan kembali logam baja yang telah dikeraskan (quenching) dengan pencelupan cepat. Suhu pemanasan adalah agak rendah dibawah suhu transformasi eutectoid (lihat diagram fasa biner Fe-C). Tujuan utama yaitu mengurangi nilai kekerasan logam sehingga keuletan (ductility) logam akan naik. Beberapa variabel penting dalam perlakuan temper adalah temperatur, waktu pemanasan dan lain-lain.


Perlakuan Pembebasan Tegangan ( Stress Relieving Treatment)

Perlakuan ini bertujuan untuk menghilangkan tegangan sisa di dalam logam baja akibat perlakuan logam seperti proses las, produk cor-coran, pengerjaan dingin, pencelupan cepat dan sebagainya. Proses ini dengan memanaskan hingga temperatur mendekati suhu temperatur, ditahan untuk beberapa saat kemudian didinginkan diudara.


Speroidisasi (Spherodizing)

Perlakuan pemanasan untuk menhasilkan karbida yang berbentuk bulat (globular) di dalam logam baja.

Jika kurang jelas atau pertanyaan lainnya silahkan e-mail ke saya. Atau butuh E-Book tentang heat treatment silahkan hubungi saya ( file lebih dari 40 MB)

6 komentar:

Anonim mengatakan...

duh informasinya qoq ky cmbaca koran ya! ga detail!

agus suprastyo mengatakan...

saya lg nyusun skripsi, jadi saya minta bantuan referensi tentang perlakuan panas pada baja AISI 4140, ini email saya agus.suprastyo@yahoo.co.id
thanks

thewavemaker mengatakan...

trimakasih info nya....bermanfaat sekali.... mungkin bisa ditambahin info tentang material2 untuk offshore buat bahan tugas kuliah saya....hee...

AdjieSensei19 mengatakan...

Mohon carikan referensi mengenai logam paduan biner,karena lagi bikin Tugas Akhir,
CP:085642440096
E-mail:lamprast@yahoo.co.id
Terimakasih.

Anonim mengatakan...

mas tentang proses hardeningnya tdk ada ya???
kl ada tambahkan jg lah???

Anonim mengatakan...

saya sedang mnyusun skripsi...tlong kl ada yg tau ttg perlakuan panas pada bahan ST 40...tlonggg...trims