jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Kamis, 17 Januari 2008

[INFO] Pentingnya Ilmu material logam bagi perusahaan supplier dan kontraktor

Rekan-rekan blogger semua, Pengetahuan tentang ilmu logam material tidak hanya didominasi saja oleh para mahasiswa/I teknik mesin, material & metalurgi ; peneliti atau dosen, namun juga posisi pekerjaan yang mengharuskan untuk berkecimpung di bidang penjualan komponen-komponen mesin, aksesoris, infrastruktur dan lain-lain seperti sales engineer atau bagian purchasing di perusahaan yang bergerak di sector supplier dan kontraktor.

Sebagai contoh seseorang yang berkecimpung di bidang marketing perusahaan supplier komponen-komponen yang berhubungan dengan bahan logam harus mempunyai dasar-dasar ilmu material dan logam. Ini sangat penting saat jika ada pertanyaan dari calon customer/buyer atau jika ada claim dari customer karena kegagalan fungsi, estetika permukaan komponen. Pengetahuan dasar logam harus dipunyai. Bersyukurlah jika seorang sales engineer mempunyai background pendidikan teknik / eksak, namun bagaimana dengan berlatar belakang non teknik ? ini merupakan perhatian bagi kita.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan khususnya perusahaan bergerak di pihak supplier adalah perlu pengujian kembali bahan logam dikomponen jika dibutuhkan. Ini dibutuhkan untuk validasi / cross check apakah bahan logam di komponen sesuai dengan data sheet specification material logam dari pihak pertama / produsen baik di luar negeri atau domestik. Bagi saya cukup penting sehingga meminimalisasi pesoalan claim dari customer kita untuk masalah kegagalan fungsi akibat material under spec sehingga terjadi misalnya karat, bercak-bercak di permukaan, kegagalan proses dan sebagainya yang akan memicu claim customer ke pihak supplier.

Disini peran pihak ketiga yaitu lembaga independent misalnya LIPI untuk menguji validitas material logam untuk membandingkan bahan logam diterima supplier dari produsen dengan data sheet spek bahan yang diterima oleh supplier melalui pengujia teknis logam. Peran peneliti di litbang juga dibutuhkan untuk memberikan technical information kepada pihak supplier dibutuhkan khususnya saat menganalisa suatu kegagalan material logam.

Marilah untuk menjadikan kita selalu kritis dan proaktif dalam bekerja,. “Jangan terburu yakin memutuskan apakah sesuai antara lembar data spek bahan dengan bahan yang telah kita terima dari produsen setelah kita uji secara teknis”.

1 komentar:

Adid Sasmito mengatakan...

Saya setuju Mas. Kita kemarin ke BATAN untuk uji material kaitannya dengan ketahanan terhadap korosi. Cuma sayangnya, mereka cuma mau menyediakan hasil lab tanpa bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa