jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Kamis, 03 Januari 2008

[INFO] Korosi sumuran material Incoloy 800

(Ini abstrak TA S1 saya)

KOROSI PITTING MATERIAL INCOLOY 800 DI PELINDUNG PEMANAS AIR TENAGA SURYA


Oleh


Gadang Priyotomo )



INTISARI

Pelindung pemanas air tenaga surya dengan bahan Incoloy 800 mengalami degradasi pemakaian di daaerah pantai. Masalah ini diindetifikasikan melalui pengujian cyclic potentiodynamic dengan parameter konsentrasi 3 % elektrolit NaCl, suhu 250C dan 800C. Peningkatan suhu dan penurunan Epit dari + 0,46 V ke +0,13 V menyebabkan peningkatan korosi sumuran.
Pengujian Critical Pitting Temperature menghasilkan batasan kondisi korosi sumuran, daerah di atas garis kurva mengindikasikan kerentanan korosi sumuran dan daerah di bawah garis kurva mengindikasikan daerah tidak terjadi korosi


ABSTRACT

Shield of solar water heater with matter of Incoloy 800 happens degradation of use in offshore environment. These problems with cyclic potentiodynamic test and potentiostatic. Cyclic potentiodynamic test is carried out by using variables. NaCl electrolyte 3% concentrate, temperature 250C and 800C. The increasing of temperature and decreasing of Epit tend to perform pitting corrosion phenomena.
Critical pitting temperature test produces the limitation of pitting conditions., field is above curve line to indicate pitting corrosion and field is under curve line indicate safety zone of pitting corrosion.

Tidak ada komentar: