jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Minggu, 16 November 2008

Seminar GRATIS bidang Material Metalurgi di P2M-LIPI

Tema Seminar
“Penguatan Riset Material Metalurgi Menuju Kemandirian Teknologi”
Pendahuluan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dalam bentuk mineral. Sumber daya mineral ini merupakan bahan baku yang penting baik secara langsung maupun tidak langsung bagi berbagai macam industri seperti manufaktur, transportasi, elektronik dan lain-lain. Hal ini memberikan peluang bagi munculnya berbagai industri dari industri hulu sampai industri hilir. Akan tetapi kenyataan menunjukkan bahwa sampai saat ini sebagian besar industri yang terkait bidang material dan metalurgi di Indonesia masih memiliki ketergantungan teknologi dari pihak asing.

Mengupayakan kemandirian teknologi bagi industri nasional merupakan tugas berat yang harus diemban bersama oleh departemen teknis terkait, perguruan tinggi dan lembaga penelitian dan juga pihak swasta. Dengan latar belakang di atas, sudah selayaknyalah bagi para peneliti di bidang material dan metalurgi untuk mengambil bagian dalam tugas berat ini dengan menitikberatkan penelitianya ke arah penguasaan teknologi yang terkait dengan industri material metalurgi dari hulu sampai hilir.
Seminar Material Metalurgi 2008 merupakan suatu upaya awal dalam rangka peningkatan kompetensi para peneliti dan mensinergiskannya dengan kebutuhan-kebutuhan industri yang up to date. Seminar Material Metalurgi dihadiri oleh para peneliti dan praktisi dari berbagai instansi penelitian, perguruan tinggi dan industri.
Rencana Kegiatan
Keynote Speaker
Dr. Ir. Abdul Wahid, M.Sc. (Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi dan Sumber Daya Industri, DEPPERIN)
Prof. Dr. Ir. Johny Wahyuadi S., DEA. (Direktur Politeknik UI, Dosen FT-UI
)
Presentasi Ilmiah
Makalah-makalah yang dipresentasikan diputuskan berdasarkan seleksi terhadap abstrak lengkap (extended abstract) yang masuk. Hasil seleksi akan diberitahukan kepada peserta maksimal satu minggu setelah penyerahan abstrak.

Poster
Makalah yang tidak termasuk dalam daftar makalah yang dipresentasikan akan dipamerkan pada sesi poster.
Diskusi Panel
Pada sesi akhir setelah presentasi ilmiah akan dilakukan diskusi panel berkaitan dengan tema seminar. Acara ini akan menampilkan panelis dari perwakilan Instansi Penelitian, Perguruan Tinggi dan Industri.
Ruang Lingkup Makalah
1. Pengolahan Mineral dan Metalurgi Ekstraksi2. Teknik Produksi dan Rekayasa Material 3. Pengujian dan Karakterisasi Material4. Pemodelan dan Simulasi Material/Metalurgi 5. Analisa Kegagalan Material6. Korosi
Publikasi Ilmiah
Semua makalah yang masuk akan diperiksa oleh editor dan yang memenuhi persyaratan akan diterbitkan di Majalah Metalurgi edisi khusus bulan Pebruari 2009 (Akreditasi No. SK 38/AKRED-LIPI/P2MBI/9/2006). Makalah yang tidak dapat diterbitkan di Majalah Metalurgi akan diterbitkan di Prosiding Seminar.
Pelaksanaan Seminar
Hari/Tanggal: Kamis/18 Desember 2008Waktu: Pkl.08.30 s.d. 16.00Tempat: Graha Widya Bakti DRN, Kawasan PUSPIPTEK Serpong, Tangerang 15314
Tanggal-Tanggal Penting
5 Desember 2008:Batas akhir pendaftaran dan pemasukan abstrak lengkap (extended abstract)
12 Desember 2008:Batas akhir pemasukan makalah lengkap
Ketentuan-ketentuan
Abstrak Lengkap (Extended Abstract)
Abstrak dibuat dalam ukuran B5 terdiri dari judul, nama dan afiliasi, isi abstrak dan kata kunci.
Semua huruf memakai jenis Times New Roman.
Judul memakai Font 12 Bold
Nama, afiliasi dan alamat, isi dan kata kunci memakai Font 10
Isi menggunakan spasi tunggal, memuat kurang lebih 400 kata
Abstrak harus memuat latar belakang, tujuan penelitian, prosedur percobaan, hasil percobaan, pembahasan, prospek dan tindak lanjut
Sertakan satu buah gambar yang mewakili hasil percobaan
Abstrak dibuat dalam bentuk berkas .doc dan dikirimkan ke alamat e-mail: seminar@metalurgi.lipi.go.id atau diserahkan langsung ke sekretariat
Makalah Lengkap
Makalah ditulis dalam ukuran A4 menggunakan 2 spasi.
Makalah terdiri dari Judul, Nama, Afiliasi Dan Alamat, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Teori Dasar (jika ada), Percobaan, Hasil Percobaan, Pembahasan dan Kesimpulan dan Saran.
Panduan lengkap penulisan makalah dapat diunduh di sini.
Makalah dibuat dalam bentuk berkas .doc dan dikirim ke alamat email seminar@metalurgi.lipi.go.id atau diserahkan langsung ke sekretariat.
Poster
Poster harus dibuat sendiri oleh peserta dalam bentuk hard-copy dan diserahkan ke panitia selambat-lambatnya pada saat sebelum acara seminar dimulai pada tanggal 18 Desember 2008.
Poster dibuat pada kertas ukuran A1 posisi portrait atau enam buah kertas ukuran A4 posisi landscape memuat informasi yang lengkap terhadap isi makalah secara keseluruhan.
Poster terdiri dari Judul, Nama dan Afiliasi, Abstrak, Pendahuluan, Percobaan Hasil Percobaan, Pembahasan, Prospek dan Tindak Lanjut.
Pendaftaran
Peserta pemakalah dan peserta pendengar tidak dipungut biaya atau GRATIS. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi FORMULIR PENDAFTARAN atau datang langsung ke sekretariat.
SekretariatPusat Penelitian Metalurgi - LIPIKawasan PUSPIPTEK Gd. 470, Serpong, TangerangTelp. 021-7560911, Fax. 021-7560553Email: seminar@metalurgi.lipi.go.idIndah (021-92374944), Arini (08159456011)

Tidak ada komentar: