jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Minggu, 16 November 2008

Sekilas bagaimana menulis laporan skripsi yang baik

Saat kita menulis karya tulis ilmiah, permasalahan struktur kalimat yang benar perlu harus diperhatikan oleh kita bersama. Struktur kalimat harus mempunyai tiga komponen dasar yang harus ditulis. Komponen –komponen tersebut yaitu subjek, predikat, dan objek. Kata keterangan (tempat, waktu, cara, dan lain-lain) juga ditambah di belakang objek atau didepan subjek.
Kalimat umumnya dibagi dua jenis yaitu kalimat tunggal dan kalimat majemuk.
Kalimat tunggal adalah kalimat yang terdiri atas satu subjek dan satu predikat secara fakultatif ditambahkan objek –predikat transitif- yang mengungkapkan satu gagasan utama. Kalimat majemuk adalah gabungan kalimat tunggal atau sebuah kalimat tunggal yang salah satuunsur kalimatnya diperluas sehingga membentuk kalimat baru (Rasyid Saruni, Maharani Press,1996).
Sebagai contoh kalimat yang secara struktur kurang pas dan isinya membingungkan pembaca. Saya mengambil kalimat dari kutipan salah satu makalah di buku prosiding seminar.

“ Ketahanan logam Titanium di lingkungan air laut, disebabkan karena logam Titanium mempunyai kemampuan membentuk senyawa oksida yang stabil dan protective terhadap serangan korosi”

Mari kita lihat pelan-pelan…………

Kata “Titanium”, huruf depan tidak boleh huruf besar. Kata depan boleh huruf kapital jika di awal kalimat.
Penggunaan tanda baca koma (,) diletakan untuk menandakan hubungan antara induk kalimat dan anak kalimat
penggalan kata-kata “….disebabkan karena….”memiliki makna berganda. Kata sambung “karena” menghubungkan antara induk kalimat dan anak kalimat untuk perihal sebab akibat. Kata kerja pasif “disebabkan” menjelaskan sebab. Penggalan kata-kata tersebut harusnya “….disebabkan oleh….”
Terlalu banyak kata sambung “karena, yang, dan”. Umumnya kita menulis kalimat panjang dengan memperbanyak kata-kata sambung.
Kata bahasa asing tidak dibenarkan untuk digunakan dalam kalimat kalau sudah diterjemahkan dan dibuat kata baku bahasa Indonesia. Kata “protective” bisa diganti “protektif”

Kalimat penggalan makalah di prosiding dapat diubah oleh versi saya yaitu :

“Ketahanan logam titanium di lingkungan air laut disebabkan oleh kemampuan logam tersebut untuk membentuk senyawa oksida yang stabil dan protektif terhadap serangan korosi”.

Ok, terima kasih atas perhatiannya. Kalau kurang sempurna atau salah penjelasannya, silahkan ke ahli bahasa. Saya hanya berdasarkan pengalaman menulis.

Tidak ada komentar: