jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Minggu, 16 November 2008

Ayo kurangi budaya plagiat saat menulis karya ilmiah..!!!!

Saya masih teringat saat masih menjadi mahasiswa S1 di suatu perguruan tinggi negeri di Jakarta. Saya mendapatkan tugas kecil untuk menulis karya tulis kecil. Dikarenakan waktu tegat yang terbatas maka saya mencari solusi singkat dan instant dengan cara metode “copy & paste”. Metode ini cukup ampuh dan relative cepat. Ini akan lebih efektif kalau makalah atau sumber menggunakan bahasa Indonesia. Saat makalah atau sumber berbahasa inggris, kita harus menerjemahkan kemudian “paste” secara total ke tulisan kita, begitu mudah bukan???.
Kemudian kalau kita telaah lebih jauh, apakah ini dibenarkan ???, Ya, jawabannya pasti “tidak dibenarkan”. Cara di atas merupakan bagian dari “penjiplakan hak karya intelektual” atau plagiat. Plagiat atau penjiplakan tanpa menyebutkan sumbernya sering terjadi di lingkungan mahasiswa. Ini berdasarkan pengalaman saya lho…!!!
Memang tidak ada sanksi dari para “plagiator”, namun secara etika moral disalahkan. Tiadk dibenarkan kita menjiplak hasil karya orang lain tanpa menyebutkan nama dan sumbernya.
Jika kita ingin menulis karya tulis ilmiah, para mahasiswa/I biasanya membuat tinjauan /review dengan mengambil lebih dari satu sumber karya tulis ilmiah orang lain. Kita harus menempatkan hasil karya tulisan orang lain dalam bentuk “footnote” (catatan kaki) di halaman. “Footnote” diletakkan di bawah “body content” tulisan dengan ukuran huruf lebih kacel dari “body content” tulisan. Umumnya berupa kutipan-kutipan dari sumber. Salah satu lagi rekan-rekan mahasiswa/i yang perlu diingat bahwa setiap kalimat-kalimat yang kita akan pakai walaupun tidak dikutip alias pakai kalimat kita sendiri diharuskan untuk mencantumkan sumbernya di bab “daftar pustaka atau referensi”.
Salah satu manfaat kita mencantumkan sumber-sumber ditulisan kita selain kita tidak dicap sebagai “plagiator” yaitu dapat memperkuat analisa atau pembahasan tulisan saat kita mengungkap data-data yang tersedia.
Jika didalam dunia penelitian, istilah “plagiator” merupakan suatu hal yang tidak baru dan harus selalu diingat serta dipahami oleh setiap peneliti saat menulis hasil karya tulis ilmiah. Di luar negeri khususnya Negara maju (developed country), setiap unsur plagiat akan ditindak tegas, biasanya kalau didunia akademisi (universitas), mahasiswa yang ketahuan melakukan penjiplakan akan langsung di “DO” (Drop Out) tanpa basa basi. Bagaimana dengan didunia pendidikan kita ????. Silah masing-masing menginterpretasikan.
Umumnya nih rekan-rekan mahasiswa/i, saat kita mau menulis skripsi khususnya Bab II (dasar teori) biasanya kebingungan dalam penuangan materi ke laporan. Biasanya kita melihat laporan skripsi pendahulu kita yang hampir sama tema skripsi kita kemudian kita kopi habis-habisan tanpa tersisa alias mirip. Dosen-dosen umumnya hanya geleng-geleng kepala karena kalimat-kalimat di bab dasar teori setiap bimbingan mereka hampir sama.
Mungkin saat mahasiswa masih dimaklumi (tanda kutip), namun jika didunia penelitian baik sebagai dosen atau peneliti sangat-sangat diharamkan untuk melakukan itu”
Ok Guys, thas’s the fact of life, don’t be a follower but the trend setter.

Tidak ada komentar: