jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Minggu, 11 November 2007

[INFO] Recheking of our raw material to produce final product

Pengecekan kembali spesifikasi standar international material mentah untuk produksi

Hai blogger pemerhati logam (kaum pengusaha/industriawan)

Sering para pelaku industri dalam pembelian barang/produk dari suplier baik di dalam negeri maupun luar negeri harus mempercemati spesifikasi suatu produk dalam pembelian (puchasing). Apakah sesuai spesifikasi suatu produk harus memperhatikan apakah sesuai standard internasional misalnya standar amerika (ASTM), standar Jepang (JIS),standar jerman (DIN) dan lain-lain. Sehingga dalam pembelian barang/produk khususnya raw material untuk diolah kembali menjadi produk jadi (final produk) harus disertai keterangan spesifikasi lengkap standard minimal standar apa yang produsen gunakan?. Kemudian apakah kita percaya saja 100% atau mengiyakan bahwa raw material ini benar-benar sesuai spesifikasi atau jangan-jangan barang yang kita sudah beli merupakan produk "underspec" dan kita sudah membeli begitu banyak tersimpan di gudang. Banyak kejadian terlihat kita komplain ke produsen (dalam negeri atau luar negeri) saat proses produksi berlangsung.
Kejadian ini akan membuat kita bisa mengalami "loss" di segala aspek. Ini tantangan bagi bagian QC, QA dan bagian produksi untuk meneliti kembali barang yang datang melalui observasi referensi/literatur standard yang dipakai dan melakukan "recheking" kualitas barang yang dibeli di lembaga independent (instansi penelitian dan pengembangan milik pemerintah RI).

Mudah-mudahan tulisan super singkat ini dapat mengingatkan kembali akan awarness kita tentang "recheking" barang yang kita telah beli untuk diolah kembali menjadi final product.Jika perlu untuk standard internasional khususnya ASTM untuk komparasi produk
silahkan kontak saya

Gadang Priyotomo
Email : gadangp@gmail.com ; gada001@lipi.go.id
HP : 08151636652

Jika pengecekan atau validasi diperlukan pengujian barang raw material logam, rekan-rekan perlu mengecek ke kantor sayadi Pusat penelitian Metalurgi-LIPI

Terima kasih,

Gadang P

1 komentar:

Tarlan mengatakan...

Dear mas gadang!

Salam kenal mas nama saya Tarlan Sunanta,saya sngt terbantu dg adanya blog ini.dan mohon bantuannya saya sedang membutuhkan data proferty material sbb:

*STKM 11 AH
*SPHC
*KS 1006
Atas informasinya saya ucapkan terimakasih

Tarlan Sunanta
HP:081386620685