jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Jumat, 24 Mei 2013

Uji tetes larutan untuk kualitas pelapisan Nikel-krom dengan logam dasar baja/besi


Pelapisan nikel-krom dengan logam dasar baja/besi telah menjad trend saat ini di bidang otomotif, furniture, peralatan dapur, dan sebagainya. Industri besar dan industri kecil tentunya telah membuat beraneka ragam tersebut. Tujuan pelapisan nikel-krom tentunya untuk meningkatkan perfoma logam dasar ( baja/besi) agar tahan karat dan sisi artistik/keindahan. 

Perlu disadari bahwa pembuatan lapisan nikel-krom membutuhkan keahlian dan `jam terbang` tinggi dari para pekerja agar perfoma material setelah pelapisan terus bertahan hingga lama. Namun kadang `defect` atau cacat pasti terjadi saat setelah pelapisan seperti `cracking` (pecah-pecah). Kasus `cracking` mungkin kita bisa lihat secara visual/ mata telanjang. Bagaimana dengan `micro cracking` ( pecah-pecah mikro/skala kecil) atau juga adanya `hole` / lubang halus di permukaan lapisan yang tidak terlihat oleh mata kita. Lubang-lubang itu tembus hingga logam dasar baja/besi jika terkena air/cairan asam/alkali/garam akan mengalami bintik karat.

Memang sebaiknya, para pelaku pelapisan krom harus memahami arti `Quality Control` / Kontrol kualitas atas lapisan hasil pengerjaan, tidak hanya sisi keindahan (cermelang), juga sisi perfoma material lapisan. Sehingga moderator merekayasa dan memformulasikan sendiri cairan /larutan untuk ditetes sebagai bagian dari `Quality Control`.

Cara kerja cairan tetes buatan moderator adalah :
1. Jika dalam 1 menit (60 detik), larutan di tetes ke lapisan nikel-krom tidak bereaksi, lapisan tersebut bagus. Ini dikarenakan larutan ini tidak mengenai logam dasar baja.besi.

2. Jika dalam 1 menit (60 detik), larutan di tetes ke lapisan nikel-krom bereaksi menjadi bintik coklat atau kusam, lapisan tersebut kurang bagus dan harus dikerjakan ulang.  Ini dikarenakan larutan ini bereaksi mengenai logam dasar baja/besi.

Larutan ini adalah pengembangan HASIL KARYA ANAK BANGSA terbaru, bukan berasal dari Luar Negeri, dan belum di PATEN-kan.
Tertarik..???

Silahkan hubungi 
Moderator, Pengembang dan Rekayasawan Muda

Dr.Eng, Gadang Priyotomo, ST.,M.Si

No. HP. 0858-8863-6002 (Mohon SMS)
E-Mail : Gadangp@gmail.com






Tidak ada komentar: