jualan

jualan

SELAMAT DATANG DI BLOGGER MATERIAL & E-BOOK

Selamat datang rekan-rekan blogger dan pemerhati bidang material dan logam.
Website ini berisi semua hal yang berhubungan dengan material dan logam. Saya menyediakan informasi E-book khusus material dan logam yang cocok bagi para mahasiswa, dosen,peneliti dan pemerhati.

Khususnya rekan-rekan yang bekerja di Industri, riset dan development yang berhubungan dengan produk logam dan manufaktur serta korosi jika ada troubleshooting atau masalahteknis "Jangan segan-segan" untuk kontak saya.


Mohon melalui kontak e-mail saja, Insya Allah akan direspons

Dr. Eng. Gadang Priyotomo, ST, M.Si.
(Peneliti Material & Korosi)
Puslit Metalurgi dan Material (P2M2) -LIPI
Kawasan PUSPIPTEK Gd.474 Serpong Tangerang Selatan Banten Indonesia
HP. 0858-8863-6002
Pin. BB : 7ED20F5E

E-mail : gadangp@gmail.com atau onlinemtrl@gmail.com


Rabu, 10 Desember 2008

Kerusakan baja lapis seng akibat lingkungan garam

Logam seng mempunyai karakteristik untuk melindungi produk besi dan baja. Ketahanan korosi yang baik disetiap lingkungan memberikan nilai tambah dalam aplikasi luar. Kelebihan perfoma dari lapis seng antara lain kemampuan membentuk film produk yang kuat di permukaan dan lau korosi yang rendah 10 - 100 kali dibanding produk ferrous tergantung dari lingkungannya.

Aplikasi baja lapis seng digunakan secara luas oleh masyarakat khususnya di bidang infrastruktur. Namun kita harus menyadari bahwa penempatan komponen disuatu tempat harus diperhatikan. Apakah lapisan seng tahan terhadap lingkungan garam berion (Cl-) yang ber pH netral ( 6-7).Saya memberikan suatu contoh sederhana di lingkungan garam berkabut (NaCl) 3mass% selama waktu ekspos 6 jam terlihat pada Gambar 1. Gambar ini menunjukan adanya keretakan lapisan seng dengan lebar retak 3 - 5 mikron . Permukaan lapisan seng tertutupi oleh kristal-kristal garam (NaCl) dan campuran unsur Zn, Fe, O, Cl. Daerah antara retakan-retakan memiliki kepadatan sebaran Fe. Ini mengindikasikan antara lapisan seng dan base metal (Fe) telah terlepas. Metode "mapping area" di dalam alat Scanning Electron Microscope dapat memberikan view jelas dari sebaran unsur-unsur yang melekat di permukaan logam.

Teori yang menjelaskan mekanisme ini memang tidak menjelaskan secara jelas. Teori pelarutan lapisan seng akibat reaksi elektrokimia dengan lingkungan agresif umunya lingkungan berion klorida bisa di jelaskan namun parameter kerusakan lapisan akibat proses pembuatan juga bisa dipertimbangkan misalnya tergores, proses pelapisan, ketidakmerataan ketebalan lapisan.


(Gambar 1. distribusi sebaran unsur - unsur di permukaan sampel dengan SEM-EDS, Sumber : Data anak bimbingan skripsi mahasiswa S1 )

Penjelasan lebih lanjut dapat ditanya di e-mail dan HP saya.

Terima kasih

Tidak ada komentar: